Lecehkan Pancasila, Australia akhirnya tunduk juga dan meminta maaf…

Akhirnya Australia tunduk juga dan meminta maaf ke Indonesia atas pelecehan Pancasila oleh oknum militernya. Permintaan maaf itu disampaikan Menteri Pertahanan Australia, Marise Payne, di Sydney, kemarin.

“Kami telah menyampaikan rasa penyesalan kami atas kejadian ini, dan juga adanya dugaan penghinaan. Saya pikir hal yang wajar ketika sebuah negara sahabat merasakan kekhawatirannya akan hal ini,” kata Payne, seperti dilansir Reuters.

Payne menjelaskan, pihaknya akan segera melaporkan hasil temuan penyelidikan kepada pemerintah dan juga militer Indonesia. Meski begitu, Payne enggan menjelaskan lebih lanjut seperti apa temuan bahan pelatihan yang diduga menghina militer Indonesia itu.

Dia hanya menyampaikan bahwa Australia selalu mengakui kedaulatan negara Indonesia beserta integritas teritorialnya. Dia menjelaskan, temuan bahan pelatihan militer yang mengandung dugaan penghinaan tersebut akan segera dihilangkan.

“Semua dokumen pelatihan akan sesuai dengan budaya yang seharusnya,” ujarnya.

Sekadar latar, akhir tahun lalu TNI memutuskan untuk menangguhkan kerja sama militer dengan Australian Defence Force (ADF). Keputusan ini dipicu karena insiden di pusat pendidikan pasukan khusus Australia atas tiga hal. Pertama pendiskreditan peran Sarwo Edhie dalam Gerakan 30 September PKI. Kedua esai yang ditulis peserta didik terkait masalah Papua. Terakhir tulisan Pancagila di ruang Kepala Sekolah yang seolah melecehkan ideologi Pancasila.

* Telah dibaca 39 kali, 1 kali hari ini.
Loading Facebook Comments ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *